10 Tips Membangun Karakter Anak

Sudah lama tidak ngeblog lagi disini, ma'lum sedang belajar wordpress di http://kanghae.com, mampirjga ya ke blog wordpress baruku. Dua tiga minggu kemarin saya disibukan dengan blog baru tersebut. Saat ini kebetulan dapat majalah doin health & beauty edisi november 2009. Pada Majalah tersebut ada beberapa tips membangun karakter anak, kebetulan saat ini anak saya baru berusia 18 Bulan, hehehe... apa hubungannya ya. Ya sudahlah, meskipun tidak ada hubungannya, berikut rangkuman dari tips tersebut.

Adalah suatu fakta dalam kehidupan bahwa, untuk mendidik seorang anak dengan karakter yang baik, membutuhkan waktu dn perhatian yang tidak sedikit. Sementara melahirkan dan membesarkan anak mungkin hanya berarti bahwa kita 'melakukan hal yang datang secara alami', menjadi orang tua yang baik adalah hal yang jauh lebih rumit daripada itu.

Berikut ini ada 10 tips yang dapat membantu anak anda untuk membangun karakter yang baik dan kokoh:

1. Utamakan menjalani kewajiban sebagai orang tua

Hal ini memang sulit dilakukan di dunia yang semakin penuh dengan kompetisi dan kebutuhan hidup. Orang tua yang baik akan berusaha secara sadar untuk merencanakan dan meluangkan waktunya menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya.
Orang tua seperti ini akan membuat proses perkembangan karakter anak-anaknya menjadi proritas utama dalam kehidupannya.

2. Kajilah bagaimana anda menghabiskan waktu-waktu anda dalam satu minggu

Pikirkan jumlah waktu yang anda habiskan bersama anak-anak anda. Buatlah rencana bagaimana anda dapat melibatkan anak anda ke dalam kehidupan sosial anda dan bagaimana anda dapat melibatkan diri ke dalam kehidupan mereka juga.

3. Jadilah contoh yang baik

Hadapilah ini, manusia terutama belajar dengan meniru. Faktanya adalah, anda tidak dapat menghindar untuk menjadi contoh bagi anak-anak anda, apakah itu baik ataupun buruk. Kalau begitu, menjadi contoh yang baik mungkin adalah hal terpenting yang harus anda lakukan.

4. Turut dengar dan lihat apa yang sedang diserap oleh anak anda

Anak-anak adalah seperti spons. banyak dari hal-hal yang mereka pelajari akan berhubungan dengan nilai-nilai moral dan pembentukan karakter.
Buku, lagu, TV, internet dan film secara terus menerus akan menymapaikan pesan kepada mereka, baik yang bermoral, mauun amoral. Sebagai orang tua, anda harus mengendalikan aliran informasi ide-ide dan gambar-gambar yang memperngaruhi anak anda.

5. Suarakan bahasa dair karakter itu

Anak-anak tidak bisa mengembangkan penilaian moral mereka begitu saja, kecuali orang-orang di sekitarnya menggunakan bahasa atau kata-kata yang jelas dan tegas untuk memberitahunya mengenai apa yang benar dan yang salah

Alhamdulillah sudah magrib, saya selesaikan dulu sampai sini ya, nanti saya sambung kembali.

Salam
Haerudin

comment 1 comments:

Natha Lia on December 25, 2009 at 8:07 PM said...

wah......belum jadi seorang Ibu nich diri qu.....anyway tq

See More My Blog

Natha Lia Blog

Download Ebook Free

Download Full Free Software

Adult Blog

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 
© Blog Personal Kang Hae | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger