Tips Mengurangi Low Back Pain


Saya yakin, kebanyakan pembaca adalah orang yang hobi berada di depan komputer dan laptop. Tentu saja dengan seringnya membuat tulisan di blogger atau di website, anda perlu beberapa menit atau bahkan beberapa jam di depan komputer untuk melakukan tugas anda. Waktu mau ikutan kontes SEO Stop Dreaming Start Action, saya mencoba membuat artikel dengan mengumpulkan materi dalam sekali waktu sehingga terasa pegal juga punggung ini, meskipun kontesnya tidak saya teruskan karena pesimis untuk menang dan tidak tahu teknik-teknik SEO. Dengan seringnya duduk menghadapi komputer, anda kemungkinan besar bisa terkena Low Back Pain (LBP). Apabila anda ingin membaca cepat, silahkan langsung ke nomor 10.

Bagi sebagian besar orang sepertinya masih awam dengan istilah low back pain. Padahal istilah itu sebenarnya berarti suatu keluhan yang sering sekali dialami oleh banyak orang. Low back pain adalah suatu sebutan dalam bidang medis untuk nyeri punggung bawah dan sekitar pinggang.

Berikut ada beberapa tip mudah dan praktis bagi anda yang belum ataupun sudah sudah menderita LBP, Dr. Fitri dan Dr. Muchtar memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan sehari-hari agar terhindar dari nyeri ataupun mencegah nyeri menjadi lebih parah.

  1. Kurangi beban kerja tulang punggung dengan cara mengurangi berat badan dan menjaga berat badan agar selalu ideal

  2. Berolahraga secara teratur untuk menghindari berat badan berlebih, juga meningkatkan kelenturan dan menguatkan ketahanan otot

  3. Lebih banyak melakukn olah ragayang non-impact seperti berenang, jogging atau papun yang penting termasuk olahraga perorangan. Olahraga beregu hanya jaba meningkatkan stres pada punggung

  4. Regangkan otot-otot yang tegang, terutama otot punggung dan otot lutut juga dengan latihan peregangan dan relaksasi

  5. Kurangi posisi terlalu menekuk ke depan

  6. Kurangi kekejangan otot

  7. Hindari Stress

  8. Perbaki posisi kerja yaitu jangan melakukan aktivitas yang menyebabkan gerakan yang mendadak pada punggung belakang

  9. Jika akan mengambil barang yang letaknya di lantai, sebaiknya jongkok dan tekuklah lutut dahulu, jangan langsung membungkuk. Saat mengangkat benda berat, regangkan dahulu kedua kaki kemudian tekuklah lutut dan punggung (dalam keadaan tegak), baru angkat barang tersebut sedekat mungkin dengan badan

  10. Jika banyak bekerja di belakang meja (kantoran), usahakan tidak duduk terus menerus dalam waktu lebih dari 30 menit, selingi dengan berjalan atau senam ringan di sekitar meja. Saat duduk, usahakan struktur tulang belakang tidak terlalu melengkung misalnya memberikan sandaran di punggung bawah dengan bantal. Dianjurkan memilih tempat duduk dengan kriteria busa tidak terlalu lunak, punggung kursi berbentuk huruf S. Saat duduk, usahakan seluruh punggung sebanyak mungkin kontak dengan kursi. Terakhir bila harus duduk lama, biasakan untuk meletakkan satu kaki lebih tinggi dari yang satunya.

  11. Saat berdiri, biasakan untuk tidak memakai sepatu dengan hak tinggi. Hindari berdiri dalam waktu yang lama, selingi dengan jongkok agar tidak tegang

  12. Saat berjalan, usahkan agar postur tubuh tegak, tidak membungkuk, bahu ditarik ke belakang, rileks dan jangan tergesa-gesa

  13. Saat tidur pun harus memperhatikan posisi tidur. Usahakan punggung dalam keadaan mendatar.

Demikian tip mengurangi Low Back Pain, mudah-mudahan berguna bagi para pembaca sekalian.

comment 1 comments:

ulin nuha on July 6, 2009 at 11:49 PM said...

makasih informasinya

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 
© Blog Personal Kang Hae | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger